Handmade clutch 2


Hi!
Hujan sudah datang lagi. Bumi benar-benar sakit, teman. Ayo berbuat sesuatu.
Misalnya menanam pohon sebanyak mungkin. Pohon ya, tanaman oke juga. Tapi banyakin pohon.
Terus bisa juga mendaur ulang barang-barang yang teman-teman miliki.
Kalau kali ini memanfaatkan apa yang saya miliki tanpa buang tenaga, uang dan nambahi barang… saya bikin clutch buatan tangan lagi. Ini bahannya pakai yang sudah ada di rumah. Potongan kain sisa, bagian dalam pakai sisa spon ati yang dulu biasa saya pakai buat bikin tugas maket kuliah. Pokoknya mendayagunakan apa yang sudah dimiliki. Jangan kalap beli mulu deh.
hdc 2 1
Kayak gini hasilnya. Agak-agak ngaco bentuknya memang. Cukup puaslah saya dengan hasil kerja keras saya ini.
Pertama saya coret-coret pattern-nya dulu. Perhitungan ukuran dan kebutuhan material. Kalau di dunia proyek ya kayak proses bikin BQ, RKS, dan gambar kerjalah. Hehehe…
Barulah mulai memola, menggunting, lalu menjahit. Kayak gini.
hdc 2 2
Saya jahit pakai mesin jahit ibu. Sebenarnya udah pakai dynamo, jadi enggak perlu dipedal kaki lagi. Cuman karena saya nggak berani, saya puter porosnya pakai tangan. Selama proses jari-jari saya pada ngelupas deh kulitnya. Pengorbanan benar dah.
Untuk asesoris yang pakai lem panas sebagai perekatnya. Pegangannya pakai manik-manik. Kait penutupnya pakai bunga-bungaan dari pita satin dan kepangan benang. Berikut beberapa gambar detail tapi nggak detailnya.
hdc 2 3
hdc 2 4
hdc 2 5
hdc 2 6
Woke, demikian untuk kali ini. Semoga menginspirasi. Jangan lupa terus berkarya dan menanam pohon, dan membersihkan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

