[trip story] Candi Prambanan


Hi! Karena saya punya cita-cita mulai keliling dunia yang dimulai dengan keliling Asia, saya mau memulai dengan menceritakan perjalanan yang sudah saya lakukan selama ini. Tujuan perjalanan saya belum tentu wisata, tapi bisa untuk tugas kuliah, tugas kampus, dan macam-macam. Salah satunya saya buka dengan perjalanan saya ke Candi Prambanan. Kan kalau mau ke luar negeri musti kenal negeri sendiri dulu. hehhe
so, here we go.

Sekelumit Perjalanan ke Candi Prambanan

Sudah dua kali saya ke Candi Prambanan. Pertama waktu SMP. Pada acara perkemahan selama 3 hari 2 malam, seluruh kelas satu bersama pengurus Pramuka ambalan Candradimuka SMPN 7 Surakarta dan pembina. Kegiatannya padat dan begitu mengasyikan. Benar-benar dalam terkenang. Sampai saya begitu jatuh cinta dengan Candi Prambanan. Saya selalu ingin kembali. Entah mengapa tidak pernah bosan. Sayangnya saya tidak mempunyai dokumentasi kegiatan ini. Mungkin kakak pembina atau teman saya ada yang menyimpan. 😦
Jadi akhirnya saat kuliah saya bisa kembali mengunjungi Candi Prambanan. Kalau bukan untuk tugas mata kuliah Sejarah Seni Rupa Indonesia (atau mata kuliah Sejarah Kebudayaan ya? hehehe) mungkin entah kapan saya bisa datang kembali. Tapi saya tetap senang. Bersama empat teman satu kelompok, kami jelajahi kompleks Candi Prambanan. Sedihnya, saat itu sebagian candi masih dalam proses pemugaran setelah terkena dampak gempa.
Uh, kini saat menulis ini saya jadi ingin ke sana lagi. Plus ingin sekali ke kompleks Ratu Boko. Duh, pengen banget. Teman saya yang beda kelompok yang menjelajahi Ratu Boko. 😦 tidak bisa ikut waktu itu.
Yah, mungkin suatu waktu nanti. Mari berencana dahulu!
Ini sebagian foto (narsis) waktu di kompleks Candi Prambanan. Resolusi minim, hehehe.
Walaupun kata mitos pasangan sebaiknya tidak datang bersama ke Candi Prambanan, saya suatu saat ingin ke sana berdua dengan pasangan. ❤ hehehe… lanjut ke Ratu Boko. cieeeehhh. hihihi… Kata mitos sih kalau pasangan (kok kayaknya lebih mengarah ke pasangan dalam arti pacaran yak) datang ke Prambanan nanti bisa kandas hubungannya. Hubungannya dengan legenda setempat sih.

Ini nih narsis bersama salah dua teman saya, satunya bagian motret. Nungguin satu teman lagi. Narsis dulu deh. Di loket ini bisa beli paket perjalanan Prambanan-Ratu Boko lho. Nanti berangkatnya rombongan gitu.
loket kompleks candi prambanan

Masuk ke area Candi Prambanan perlu jalan. Nggak jauh kok jalannya. Masih bisa narsis kayak gini.

candi prambanan

Ya gini deh, waktu jadi mahasiswa. Pose narsis melulu. hahhaha….tapi ini lagi dokumentasi data buat presentasi lho.

motret candi

Ini dipotret dari tangga salah satu candi utama. Lupa candi utama yang mana. Soalnya waktu itu salah tiga candi utama (Syiwa, Brahma, Wisnu) kena dampak gempa yang cukup parah. Ada yang nggak boleh dinaiki. Tapi sepertinya bukan Syiwa. Seingat saya waktu itu nggak bisa lihat arca Durga. Arca Durga ada di candi utama Syiwa. (CMIIW). Aku sudah lihat arca ini waktu perjalana versi SMP. Malam sebelumnya sudah diceritain sama pengelola soal candi Prambanan, jadi pagi pas keliling jadi lebih ngerti. Meskipun sampai sekarang saya lupa kalau ingin membaca relief harus keliling berlawanan atau searah jarum jam. (ini beda dengan candi Borobudur). FYI, hidung arca Durga hilang. Entah karena kondisi alam atau tangan jahil tuh.

naik candi

Ini salah satu relief favorit saya. Kinari-kinari. Makhluk mitos yang ada di relief Prambanan. Sayangnya lupa apa maknanya. Kalau relief lain yang terkenal itu relief kalpataru di atas pintu candi. Duh, nggak ada fotonya.

kinara-kinari
ini pose di depan candi lain yang ada di kompleks candi Prambanan. Lupa deh ini candi Bubrah atau Lumbung. Tapi kayaknya bukan candi Sewu. Banyak yang runtuh.
di depan candi bubrah/lumbung

Ini nih paling narsi. Foto bareng teratai di halaman museum Prambanan. Museumnya cukup lengkap bagus lho. Luas pula. Perlu banget masuk ke museum (gratis tenang aja). Ada informasi lengkap. Tentunya ada berbagai arca dan sejarah didirikannya candi Prambananan sekaligus informasi ditemukan dan dipugarnya. Selain itu ada mini teater juga. Tapi yang ini bayar. hehehe…waktu itu kami lewatkan. hahaha….maklum mahasiswa ngirit.

halaman museum prambanan

Ini makin narsi. Foto dengan kijang. Ada banyak kijang di Prambanan.

kijang prambanan

Ini narsis lagi. Pas mau keluar sempatin foto di depan air mancur.

air mancur prambanan

yap, demikian cerita sekelumit di kompleks candi Prambanan. Teman-teman silakan datang berkunjung. Jangan kalah sama bule-bule. Saya pas ke Prambanan sama teman kuliah ini aja sambil ngikutin sepasang bule asia timur. hehhe…. ^^v peace miss and mister. Foto dengan bule eropa/amrik/aussie juga. Tapi pake hp temen. Saya nggak simpen filenya.
Oke deh. Sampai jumpa di cerita perjalanan saya yang berikutnya.
Kali ini special thanks buat dosen saya, kelompok tugas saya waktu itu (nuna yang udah boncengin PP solo-jogja plus motretin, darla titik atas pinjeman topinya plus motretin juga, nia yang motretin, dan jordan yang motretin dan minta mas bule foto bareng). hahaha
have nice trip!

5 Comments Add yours

    1. wu berkata:

      hehe..terima kasih.
      ayo jalan2 dan nulis.

      1. winnymarch berkata:

        iya kak sekarang itu menjadi hobi baru

      2. wu berkata:

        wah, bagus.
        udah kemana aja?
        share di blog juga kan?

      3. winnymarch berkata:

        Udah di share kak 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s