Saya (blogger) mempromosikan kampanye konservasi sumber daya air


Hi^^
Kali ini saya mau sedikit berbeda dari biasanya. Hehehe.

Sebagai blogger yang Alhamdulillah sering dikunjungi para pembaca, saya merasa perlu memberi sedikit pandangan baru. Karena tak hanya hiburan semata blog ini saya adakan. Namun saya juga ingin membuat sedikit perubahan yang baik. Mungkin jalan saya memang banyak melalui tulis-menulis, terutama fiksi. Terutama lagi fan fiksi. 
Ah, pidato saya membosankan ya? Sudahlah, itu hanya awalan ala kadarnya.
Saya ini sebenarnya memanfaatkan popularitas saja. *ih, pede gilak ni author. Siapa juga yang popular* hihihi.
Ayo para reader saya, baik yang silent maupun speaking! Mari kita sadar air!
Weleh, pada terkejutkah tiba-tiba saya berbicara soal air? Ckckck! Jangan dong! Saya nih suka main air. Sama kan dengan beberapa reader? *atau semua reader* siapa coba yang tidak senang sudah basah-basahan, ciprat-cipratan? Bahkan ketika asik nonton konser juga senang disiram air sama petugas kebakaran. 
Ya kan, yak an? Semua suka air. Tak jauh berbeda dengan author yang cinta air. *FYI, author lahir bulan Februari, zodiaknya pisces, pisces kan lambangnya ikan* *terus kenapa coba thor, thor???*
Nah, apa kawan-kawan pernah terbayang air yang jernih dan segar itu tiba-tiba lenyap? Em…, tidak seekstrim itu deh. Coba pelan-pelan. Gimana kalau anda hanya mendapati air warna kecoklatan dan berasa pula? Wah-wah, air yang seperti itukan sudah tak baik dikonsumsi maupun digunakan.
Duh, seram kan kawan?
Tapi, tenang! Semua itu tak akan terjadi jika kita segera sadar dan bergerak.
Di sini saya sebagai blogger *bangga, ngibarin panji gede tulisannya blogger cinta lingkungan* mengajak kawan pembaca semua untuk sadar air, saying air! Dan sebagai blogger pula, langkah yang bisa saya ambil untuk membantu gerakan sayang air adalah memberikan pengetahuan dan info terkini, aktual, tajam dan faktual. *nyaris saja dicekal gara-gara niru slogan acara tipi*.
Nah, salah satu gerakan sayang airkan gerakan konservasi sumber daya air. Dengan demikian, peran saya sebagai blogger adalah member info yang jelas apa itu konservasi sumber daya air. 
Menurut KBBI (online) konservasi adalah pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan, pengawetan, pelestarian. Sumber adalah tempat keluar, asal. Daya adalah kemampuan melakukan sesuatu, atau kemampuan bertindak. Air adalah cairan jernih, tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau yang terdapat dan diperlukan di kehidupan manusial, hewan dan tumbuhan yang secara kimiawi mengandung hidrogen dan oksigen. Jadi konservasi sumber daya air adalah pemeliharaan dan perlindungan asal dari kekuatan air secara teratur. *kurang-kurang gitu deh. Maklum author lagi puyeng*
Jadi, kita perlu melindungi sumber air. Atau mungkin kita mengenalnya dengan nama mata air.
Oke?
Nah bagaimana caranya?
Salah satunya dengan menyuarakan gerakan konservasi sumber daya air pada seluruh masyarakat. Gimana pula tuh? Ya dengan tulisan di blog semacam ini. Bisa juga tuh yang pintar gambar. Buat poster, baliho, spanduk, atau kecil-kecilan tapi besar manfaatnya, leafet!
Kemudian diamalkan dengan gerakan nyata. Nah, ini dia! Susah ya?
Wis, jangan hanya dipikirkan. Kalau dipikirkan memang berat, bro!
*ah, author Cuma ngomong mah gampang. Nenek-nenek ompong juga bisa*
Hus! Nenek-nenek ompong malah lebih bisa gerakan nyatanya, bung! Orang jaman dahulu lebih sopan pada alam.
Tapi kita tak perlu pusing-pusing. Mulai dengan menanam rumput! *duh, author nih. Sukanya becanda mulu* nggak becanda, sis! Author serius. Mungkin berat kalau author bilangnya menanam pohon. Kecil-kecilan ntar ketagihan yang besar-besar. Benaran kok. Mulai dari yang kecil. Ya nggak rumput gitu-gitu banget. Coba dengan nanam tanaman hias, terus tanaman obat, baru deh mulai pohon. Lebih bagus kalau pohon langsung! 
Selain itu, yuk ajak saudara-saudara kita ikut nanam. Kita juga beri pengertian untuk tidak menebang pohon sembarangan.
Nah, yang agak berat nih *author malah nakut-nakutin nih. Ih…!* ah, nggak juga. Kadang kita nggak ngerti yang namanya sumur air dalam. Stop pembuatan sumur air dalam secara berlebihan! Terutama di kota-kota. Selain itu, pembuatan sumur air dalam kan dibatasi dan harus berijin. Ayo dirazia sumur air dalam illegal! *author ngecek sumur rumah*
Nah-nah! Gimana kawanku semua? Hati-hati membuat sumur!
Soal sumur ini banyak orang *banyak sekali, sesungai, selaut* yang nggak ngerti. Duh, padahal sumur air dalam yang dibuat semena-mena, di banyak tempat, tanpa perhitungan, akan merusak yang namanya sumber air tanah. Nah, lho!
Sadar sumur! *asyik nih jadi bentuk kampanye baru*
Lalu ada pula yang namanya pengolahan limbah. Ayo pabrik-pabrik! Yang besar, yang sedang, yang kecil. AMDAL nya jangan lupa! Penting sekali! Mau kaya tapi merusak air yo nggak jadi kaya lah.
*author berapi-api*
Ah…, sudah makin malam. Saya makin semangat saja menulis tentang konservasi sumber daya air. Tapi tak apa. sebagai orang yang tahu dan kebetulan ada jalan. Saya tidak mau berdiam diri melihat kenyataan yang terjadi. Paling tidak saya harus memberitahu. Karena semua berawal dari tahu!
Maka, mari kawan-kawanku, sadar air! Sadar sumur! Sadar AMDAL! Sadarlah!

Selanjutnya, insya Allah akan saya lanjutkan kegiatan ini. Tidak berhenti hanya karena kompetisi, tapi saya ingin konsentrasi benar pada penyadaran sadar air. Dan sebagai blogger ya begini cara saya.^^ *author mungkin bakal rilis fan fic bertema air* *aye!*
Semoga membantu!

One Comment Add yours

  1. wu berkata:

    maaf, saya lupa satu.
    hehm…

Tinggalkan Balasan

